Rumus pendugaan berat badan sapi

Menafsir Bobot Ternak

Oleh karena itu, ukuran tubuh yang digunakan untuk menduga bobot tubuh biasanya adalah panjang badan dan lingkar dada. Fungsi hold ini adalah untuk menahan atau mengunci berat ternak yang ditimbang 2. Mengevaluasi kondisi tubuh ternak secara teratur dapat menghindarkan atau membantu mengatasi kondisi tubuh yang ekstrim tidak normaldan meningkatkan produktifitas dan probabilitas.

KG 50 cm 75 cm. Rumus itu sebagai berikut: Dibandingkan bagian tubuh lain, bagian tubuh dalam dada DD sapi memiliki korelasi yang erat dengan berat badan sapi [9]. Ukuran-Ukuran Untuk Hewan Ternak. Halaman Penampil dan Analisis Citra Halaman analisis citra terdiri dari satu layer penampil citra dan 2 tombol.

Pendugaan umur dan bobot badan ternak menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui, khususnya bagi peternak dan pedagang ternak sehingga tidak terjadi kecurangan yang dapat merugikan sebelah pihak [3]. Pada teracak kelihatan tanda pergeseran.

PENDUGAAN BOBOT BADAN TERNAK DENGAN BERBAGAI MACAM RUMUS

Karena seperti dibahas pada subbab sebelumnya, jarak sangat mempengaruhi hasil akuisisi citra sehingga mempengaruhi perhitungan Dalam Dada. Gambar 3. Hal ini bukan hanya menyebabkan potensi kerugian, namun juga tidak memiliki landasan ilmiah.

Mengamati Kondisi Fisik sapi dari samping, depan dan belakang, mencatat hasil yang diperoleh. Bagikan artikel dari Ternak Mudah Untung melalui media sosial yang ada di bawah. Hal yang umum digunakan adalah melakuakan pendugaan berat badan sapi dengan mengetahui ukuran tubuh sapi.

Dalam Dada cm FK: Rumus penentuan berat badan sapi berdasar ukuran tubuh bertolak dari anggapan bahwa tubuh ternak sapi berupa tong. Garut baik jantan maupun betina dari Wanaraja memiliki bobot badan paling besar dibandingkan dengan domba Bagianbagian tubuh tersebut, antara lain lingkar dada, tinggi badan dan panjang badan.

Penelitian ini dilakukan untuk membantu peternak dalam perkiraan bobot ternak. Sedangkan panjang badan diukur dengan menggunakan tongkat ukur. Prenatal merupakan proses pembentukan organ-organ tubuh, sedangkan postnatal merupakan proses peningkatan ukuran dan sistem dari kematangan tubuh dan perkembangannya Herren, Adapun Gambar 2 menunjukkan diagram alur program perhitungan berat badan sapi dari awal hingga akhir Gambar 2.

Untuk peternak kecil dan beberapa pasar sapi tradisional, keberadaan alat timbang konvensional sangat susah untuk terpenuhi karena masalah harga. Koefisen Tersedia di http: M sebagai anggota komisi pembimbing yang telah membimbing dalam penulisan ini. Oleh karena itu nilai dari dalam dada dapat diketahui menggunakan fungsi pembentukan citra pada kamera dengan menggunakan metode template matching yaitu membandingkan citra yang ditangkap kamera dalam satuan piksel dengan citra sesungguhnya dalam satuan sentimeter [10].

Manfaat 1. Mengukuran lingkar dada, melingkarkan pita ukur pada posisi di belakang tonjolan pundak sapi di bagian atas dan belakang kaki depan, kemudian mencatat yang diperoleh. Hal itu akan mempengaruhi perhitungan nilai dalam dada sapi yang sebenarnya karena proses template matching terganggu.

Pembahasan Hasil Penelitian Pembahasan hasil penelitian meliputi hasil penelitian akurasi pengukuran tinggi objek dan penelitian akurasi pengukuran berat badan sapi. Dan Assalamualaikum pembaca Ternak Mudah Untung. Apa hubungan antara ukuran statistik vital panjang badan dan lingkar dada terhadap bobot sapi?

Andaikan setiap kali Perlu selalu di lakukan penimbangan, hal ini dirasa tidak lebih praktis di samping timbangan itu jumlahnya dibatasi. Cincin teracak yang pertama kelihatan. Halaman Perhitungan Hasil Halaman perhitungan hasil terdiri dari 2 input yaitu jenis bangsa dan umur sapi.

Dengan bahan tersebut sebenarnya sudah dapat menggantung badan ternak pada timbangan, tetapi yang paling aman bagi ternak adalah dengan potongan ban karena selain ternak tersebut tidak banyak bergerak juga lebih nyaman bagi ternak.

PERANCANGAN APLIKASI PENDUGAAN BERAT BADAN SAPI DENGAN

Kadarsih menyatakan bahwasanya ukuran linear tubuh yng bisa dipakai dalam memprediksi produktivitas sapi antara lain panjang badan, tinggi badan, lingkar dada.

Kondisi tubuh untuk sistem penilaian yang paling banyak digunakan untuk sapi memberikan skor dari 1 kurus dan hampir tidak ada lemak sampai 9 berlebihan lemak. Perkembangan bobot badan ternak dipengaruhi dengan pertumbuhan.

Implementasi Antarmuka Aplikasi 1. Kebutuhan sistem meliputi kebutuhan akan perangkat lunak, perangkat keras dan rumus perhitungan berat badan sapi yang akurat.KATA PENGANTAR Perbedaan bobot badan sebenarnya/tertimbang denganpendugaan bobot badan dengan rumus disebabkan karena rumus tersebut digunakan untuk bangsa sapi Eropa dan tidak cocok untuk sapi-sapi lokal,serta pada pendugaan bobot badan dengan persamaan regresi baik koefisien korelasi maupun koefisien determinasi memiliki nilai hampir mendekatinilai 1 yang menunjukkan.

Pertumbuhan organ-organ tertentu berkorelasi dengan berat badan. Berat badan ternak sapi pedaging umumnya mempunyai hubungan positif dengan beberapa bagian tubuh.

Menurut Zurahman () rumus yang digunakan dalam menduga bobot badan sapi Bali yaitu BB = 2,30 LD + 0, PB + 0, TB – karena memiliki R 2 = 78,7%. Hal ini juga diperkuat. PENGEMBANGAN MODEL PITA UKUR DAN RUMUS PENDUGAAN BOBOT BADAN BERDASARKAN LINGKAR DADA PADA TERNAK KAMBING SKRIPSI Pengaruh Modifikasi Diet Rendah Kalori terhadap Berat Badan dan Lingkar Pinggang Wanita Obesitas Dewasa.

Pendugaan Bobot Badan Sapi Brahman Cross, Sapi Aceh dan Sapi Bali Berdasarkan Panjang Badan dan Lingkar Dada. •Rumus Djagra: Berat badan jantan (kg) = Panjang badan x (Lingkar dada)2 Berat badan betina (kg) = Panjang badan x (Lingkar dada)2 PENDUGAAN BOBOT BADAN SAPI BALI JANTAN DAN BETINA BERDASARKAN RUMUS LAMBOURNE DAN DJAGRA Uraian Bobot Badan Pendugaan Jantan Betina Jumlah sapi 27 32 Bobot hidup (kg) ,30 ± 03/01/ · Cara ini merupakan cara lain untuk mengetahui berat badan ternak selain penimbangan berat badan.

cara dan rumus menduga bobot badan ternak tanpa timbangan terlengkap

Apabila setiap kali harus selalu dilakukan penimbangan, hal ini dirasa kurang praktis di samping timbangan itu jumlahnya terbatas. Rumus penentuan berat badan sapi berdasar ukuran tubuh bertolak dari anggapan bahwa tubuh ternak sapi berupa tong.

I4 umur 4 tahun Menduga Umur Pada Cincin Tanduk Menduga umur pada cincin tanduk yakni dengan menggunakan rumus: UI = 1/3 (4N + 5) UI = Umur Induk N =Jumlah cincin tanduk Penghitungan Berat Badan Ternak dengan Rumus Kemampuan produksi sapi potong dapat digambarkan dari pertumbuhannya.

Rumus pendugaan berat badan sapi
Rated 4/5 based on 59 review